October 14, 2012

Diam Itu Ngga Selamanya "Emas".

Pokoknya kalo Adinda kesini, kamu harus ngobrol sama dia.
Itulah kalimat perintah yang dilayangkan oleh nyokap sebulan sebelum sepupu gue yang dari Belanda dateng untuk liburan.

Belanda. Dutch. Man! Haruskah gue belajar bahasa Belanda sedangkan bahasa ibu sendiri masih belepotan?? Pikir gue saat itu. Ternyata nyokap bilang kalo sepupu gue ini bisa bahasa Inggris, jadi ngobrolnya pake bahasa Inggris aja. Maaaaaaaaaak~ seandainya kau tahu bahwa aku gagap bahasa Inggris, pasti kau akan sangat malu! Jujur, dulu gue emang jago bahasa Inggris, tapi kalo untuk ngobrol pake bahasa Inggris, bah! Asli, ngaco pisan!!

"Udah, asal casciscus aja. Gak usah terpaku sama grammar. Dia juga ngerti kok." kata emak.

"Aduh, mah.. Neng udah lama ngga belajar bahasa Inggris semenjak lulus SMA.." membela diri.

"Salah sendiri. Kenapa ngga dipelajarin lagi. Heh, bahasa Inggris itu, bahasa internasional tauk!!" ceramahnya. Gue cuma bisa diem, ngga tau harus jawab apa lagi. Nyokap selalu punya banyak alasan kalo kita berdua udah berargumentasi.

Sebulan sebelum kedatangan sanak famili dari negeri kincir angin itu, gue nyoba untuk mempelajari lagi itu bahasa yang katanya bahasa internasional. Yang gue sok-sokan ngetwit di twitter pake bahasa Inggris lah, sok-sokan ngobrol sama temen gue, tapi ngga berhasil karena kepala gue pecah duluan saat ngobrol sama dia yang ternyata Englishnya lebih fasih dibanding gue. 

Anjrit! Kenapa gue jadi dongo gini sih? Kenapa Inggris gue jadi tolol?! benak gue berkata.
Sebulan belajar ngga ada hasil, akhirnya gue pasrah. Gue udah ngecewain emak. Gue ngga bisa menjaga kepercayaan emak. Maaaak, maaf mak, anakmu udah ngga bisa berbuat apa-apa lagi.

Hari yang ditunggu pun tiba.
Dari pagi sampai sore, nyokap berjibaku di dapur, mempersiapkan hidangan yang ala kadarnya untuk sepupu-sepupu gue ini. Gue sesekali bantuin, ya kalo ngga nyuci piring, bantu nyicipin masakan, jagain makanan yang udah jadi biar ngga dicolong sama kucing-kucing gue. Bokap, kakak sama adek gue sibuk bebenahin rumah.

Begitu selesai, sepupu gue ini yang katanya bakal dateng pas buka puasa biar sekalian makan malem, ternyata ngaret. Gue pikir ngga jadi dateng. Waaaaah, gue udah seneng banget saat itu! Ngga jadi dateng, berarti gue selamat! Ngga perlu mikirin ntar gue ngobrol apaan sama sepupu bule gue ini. Dengan perasaan yang senang dan hati yang riang gembira, gue masuk ke kamar. Buka netbook, dan kembali memasuki dunia fangirl.

Jarum jam menunjukkan angka 8. Makin kuat aja dugaan gue, kalo sepupu gue ini ngga jadi dateng. Batal. Cancel. Gara-gara macet abis dari Ragunan ke Bekasi, terus karena capek di jalan akhirnya minta pulang aja. Gue tersenyum lebar selebar-lebarnya saat itu.

Terdengar suara mesin mobil di luar rumah. Positive thinking aja gue, paling mobil tetangga depan rumah gue. Tiba-tiba...

"Assalamu'alaikum!!!!" sapa uwa gue dari luar.

 "Wa'alaikumsalam~" jawab nyokap gue seneng.

Dari dalem kamar gue bertanya-tanya, itu kenapa uwa gue yang dari Semper yang dateng? Katanya tante gue beserta keluarganya yang dari Belanda? Oh ternyata tante gue ini baru pertama kalinya ke rumah semenjak gue sekeluarga pindah ke Bekasi 10 tahun yang lalu. Dan kebetulan uwa dan tante gue ini emang udah janjian rekreasi ke Ragunan terus singgah sebentar ke Bekasi untuk nengok emak gue disini.

ARRRRRRGGHH!! Mereka datang! Bahaya! Bahaya! pikir gue panik sambil jambak-jambak rambut saking stressnya. Akhirnya gue tutup netbook dan naik ke tempat tidur. Aha! Gue pura-pura tidur. Pura-pura ngga menyadari akan kehadiran mereka. Pura-pura tidur sampai mereka pulang. Di ruang tamu mereka lagi salam-salaman, ngga lama kemudian..

"Rima, mana 'da?" tanya uwa ke nyokap.

"Di kamar paling.." jawab nyokap sambil membuka pintu kamar gue.

"Neng, ini ada Made sama tante Nai. Tidur mulu.."

"nnnnggh..." gue yang saat itu sok-sokan ngulet, padahal sama sekali ngga tidur langsung bangun dari tempat tidur sambil ngedumel. Sebelum keluar gue rapihin rambut dulu biar keliatan rapih dan kece dikit. Begitu gue keluar kamar... mampus loh! Ada 2 orang bule di rumah gue.. lagi-lagi benak gue berkata. Dengan senyuman yang udah gue progress, gue nyium tangan uwa, tante, sepupu-sepupu yang lain. Gue ngeliat adek sepupu gue yang namanya Adinda ini. Haduuuh, mati lah lu, rim.. Mana Inggris lo gagap, dia kurang bisa bahasa Indonesia pula.. Apa yang mau diobrolin?? kepala gue muter saat itu.

"Ini Adinda neng.. Salaman dong.." nyokap nyuruhnya tuh kayak nyuruh anak kecil. Oke, gue berjabatan tangan dengan Adinda sambil tersenyum.

"Ini om Ian. Masih inget gak?"

"Hmmm, iya inget.. inget.." sambil jabatan tangan sama oom Ian, bokapnya Adinda.

"Hello, Rima." sapa om Ian.

"Hello.." jawab gue sambil tersenyum garing.

Gue lupa om Ian ini ngomong apa, intinya dia kaget banget ngeliat gue udah gede. Terakhir ketemu waktu gue masih tinggal di Jakarta, dan itu gue masih kecil banget, umur 4 tahun. Mungkin karena baru pertama kali ketemu, Adinda masih rada aneh sama gue. Atau emang gue nya yang beneran aneh yah? Entahlah.

Tiga keluarga berkumpul di ruangan yang ukurannya tidak terlalu besar. Ngobrolin blahblahblahblah, nanyain blahblahblah dan gue hanya diam mendengarkan apa yang mereka obrolin, sesekali ngomong itupun kalo ditanyain aja. Bener-bener jaim gue saat itu. Bukan jaim juga sih sebenernya, karena gue ngga tau apa yang mau diomongin aja, sama bule lagi kan ngobrolnya. Sampai akhirnya nyokap negur..

"Neng! Bukannya diajak ngobrol Adinda nya.. Diem aja.."

Gue cuma cengar-cengir ngga jawab apa-apa..

"She's a little bit shy, huh? Hahahaha" kata om Ian.

Bukannya shy, om.. ngga tau mau ngomong apaan.. Inggris gue cetek! jawab gue dalem hati.

"Tau lo, diem aja.. Ngobrol dong sama Dinda!" ini lagi abang gue ngompor-ngomporin, pengen banget gue gorok lehernya.

Kembali keluarga besar ini ngobrol, gue sama sekali ngga tau lagi ngomongin apa. 3 bahasa menjadi satu, Indonesia, Inggris dan Belanda. Wahahahahaa gue pusing dengernya. Sayang, ngga ada subtitlenya kalo ada pasti gue ngerti apa yang mereka omongin. 3 bahasa dicampur udah kayak gado-gado. Mbo'ya kalo mau ngomong pake bahasa Indonesia atau Inggris aja gitu, jangan dicampur bahasa Belandaaaaaaaa! perang batin loh gue dengernya.

Jam menunjukkan angka setengah 10 malam.
Waktunya pulaaaaaaaang~ Yeaaaaaah~ akhirnya penderitaan ini berakhir sudah. Capek loh diem terus, cuma ngomong secukupnya aja gue. Yang tadinya tante gue ini berangkatnya nebeng sama mobil uwa gue, akhirnya mereka misah, uwa gue pulang duluan. Bokap gue dengan ramahnya menawarkan jasa untuk mengantar keluarga bule ini kembali ke hotel. Dengan senang hati, mereka menerimanya. Mau naik apaan lagi? Taksi? Susah kalo udah di komplek rumah gue, jarang lewat. Masa iya disuruh naik angkot. Tau jalan juga ngga.

Tiba-tiba firasat gue ngga enak..

"Kakak yah yang nganterin.." pinta bokap ke abang gue.

"Oh, yaudah gapapa.. Rama tau ini kok hotelnya.."

"Kamu tau tempatnya?" tanya tante gue.

"Tau kok tau.." jawab abang gue penuh antusias.

"Yaudah, tapi kamu jangan sendirian. Sama eneng gih.. Neng, temenin kakak yah?" pinta bokap lembut.

Nah, bener aja kan firasat gue! Pasti disuruh nemenin abang gue, dengan alasan takut ada apa-apa sama kakak gue. Alamaaaaaaaaaak! Padahal gue pengen langsung tidur begitu mereka pulang. Pengen nolak juga ngga enak, ngga punya alasan yang kuat juga. Dengan pasrah gue jawab "iya".

"Oh, are you coming with us?" tanya om Ian seneng.

"Yeah, i'm coming with you all" akhirnya~ gue mengeluarkan bahasa Inggris juga! Hahahaha, tapi cuma segitu doang yang gue bisa. Oh maaaaaaan! Cetek secetek-ceteknya deh Inggris gue. Payah!

Sepanjang perjalanan menuju hotel di bilangan Sudirman, lagi-lagi gue cuma bisa diem sambil dengerin mereka ngobrol di mobil. Ya ngobrol pake bahasa Belanda, bahasa Inggris. Kadang-kadang tante gue nanya ini-itu, dan gue cuma jawab seadanya aja. Canggung, takut salah ngomong, takut keliatan begonya gue.
Sesampainya disana, mereka pamitan sama gue dan kakak gue sambil cipika-cipiki.

"Rima, thank you so much. We'll meet again next time." kata om Ian.

"Yeah, om.. You're welcome.." cieeeeeeeee gue mengeluarkan English lagi.

"Terimakasih.." ucap Adinda sambil tersenyum manis.. Aaaaaah, nyesel gue diem aja daritadi.. pikir gue.

Selepas kepergian mereka. Gue tersadar, seandainya gue ngga pake malu-malu dan ngga perlu takut salah sama bahasa Inggris gue yang belepotan, mungkin dari awal ketemu gue sama Adinda bisa ngobrol banyak. Kalo gue diem gitu aja kan, ngga enak juga sama dia. Yah itu salah satu sifat gue. Tertutup. Pendiem. Gue cuma mau ngobrol kalo ada yang ngajak ngobrol, atau kalo lawan bicara gue ini punya hobi atau kesukaan yang sama. Lagi-lagi ego yang gue gedein.

Pelajaran yang gue ambil dari pengalaman ini adalah mencoba untuk lebih berani berbicara dengan orang lain, mengeluarkan pendapat, dan kalo bisa dipelajarin lagi bahasa-bahasa asing yang sedang gue pelajari sekarang. Bener kata nyokap, ngga perlu disesuaikan dengan grammar atau ejaan yang baik dan benar, selama lo bisa berbahasa asing, dan lo ngerti kenapa ngga dicoba? Asal casciscus aja, mereka juga pasti ngerti. Tapi tetep gunakan bahasa yang sopan, apalagi ngobrol sama orang luar. Yah, sampai sekarang pun gue masih belum berani untuk menggunakan bahasa yang sedang gue pelajari, yaitu bahasa Jepang. Karena gue masih takut, masih gagap, takut pola kalimatnya salah. Namanya juga bahasa. Kita ngga akan pernah bisa kalo ngga kita praktekin langsung. Kalo cuma pelajarin teorinya doang, ngga akan maju.

Semoga setelah gue menulis cerita ini, gue bisa belajar lebih baik lagi supaya bisa maju. 

Bahasa itu penting. Tanpa bahasa kita ngga akan pernah bisa berkomunikasi baik dengan orang lain.




Sekian..


Salam AMATEUR!

2 comments:

  1. lucu ceritanyacpenyesalan biasa memenag di akhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyak :)
      hahaha iya, ternyata penyesalan itu selalu datang belakangan :D

      Delete