October 9, 2012

First Time We Met...

Ini adalah cerita berdasarkan kejadian yang gue alamin, sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu.

Kejadiannya berlangsung sangat singkat, namun sangat berarti buat gue. Dan gue ngga akan pernah melupakan kejadian yang paling berharga itu.

Tepat bulan puasa beberapa bulan yang lalu. Gue lupa hari, tanggal, dan jamnya. Yang jelas itu terjadi setelah buka puasa, sesaat setelah gue sholat Maghrib.
Entah maksudnya apa. Apakah ini adalah takdir dari Allah? Atau kah ini hanya sebatas kebetulan aja? Who knows lah ya~ Intinya, gue amat sangat senang!! Mungkin bisa dibilang norak yah..

Oke, langsung ke cerita.
Saat itu gue lagi khusyu' sholat maghrib. Bersujud menghadap sang Penguasa Alam Semesta dengan khusyu' mengharapkan sebuah pahala dariNya. Setelah itu, gue berdoa memohon ampun atas segala dosa-dosa yang gue perbuat, dan memohon keselamatan di dunia dan di akhirat kelak. Kegiatan ngga berhenti sampai disitu aja. Gue lanjutin dengan mengaji.

Masih di atas sajadah panjang, gue ngaji dengan penuh penghayatan. Dengan bibir yang bergetar, gue lantunkan ayat-ayat Qur'an secara perlahan. Mata gue hanya tertuju pada Qur'an. Saat itu.
Tiba-tiba gue seperti dapet sinyal, mata gue langsung mendapati sesuatu yang aneh di samping sajadah gue. CRIIIING! *sound efect kayak di anime-anime* Mata gue yang tadinya sayup-sayup karena kelelahan, langsung melek seketika. Berbinar-binar, kayak abis ngelihat setumpukan batang emas di depan mata.

"AHA!! Akhirnya!" benak gue.

"Akhirnya ku menemukanmu!!" gue langsung teriak, dan ngaji pun ke-skip.

Lalu, apa yang gue temukan sampai-sampai gue teriak girang seperti itu??
Gue menemukan serangga langka! Dengan warna merah-hitam, dan ekor seperti kalajengking.
AHA! Tomcat! Gue menemukan tomcat! Tomcat!! TOMCAT!!! Di kamar gue sendiri.. Dan gue bahagia sekali begitu melihat serangga ini.

Awalnya gue pikir itu cuma semut hitam gede yang jalan cepet itu, tapi kenapa ekornya begitu? Setelah gue amati baik-baik. Ternyata itu tomcat! Serangga yang akhir-akhir ini rame diomongin bahkan selalu muncul di layar kaca. Layaknya ketemu artis papan atas, gue pun berteriak menyerukan namanya..

"TOMCAAAAAAAAAAAAT!!! Ada tomcat di kamar gueeeeee~" sambil ketawa girang.

Begitu excited nya sampai bingung, harus gue apain ini si tomcat? Pengen gue tepok pake tangan, ntar gue kena ekor, terus kena racunnya. Aduh, bahaya. Pengen gue semprot pake semprotan nyamuk, tapi ada di kamar nyokap. Kalo gue keluar, ntar tomcatnya kabur. Gue ngga mau kehilangan moment-moment paling berharga ini dengan si tomcat!! Gue puter otak gue. Kemudian, gue liat jack kabel speaker di deket lokasi kejadian. Kebetulan speakernya nyala, otomatis ada aliran listriknya dong. Akhirnya, gue ambil kabel itu, terus gue tempelin jacknya ke tubuh mungilnya si tomcat.

TAPI! Ngga ada reaksi apa-apa! Si tomcat masih aja mondar-mandir buat nyari jalan keluar. Sedangkan gue masih asik nempel-nempelin jack ke badannya yang kecil itu. Yang ada dalam bayangan gue saat itu, begitu gue tempelin, si tomcat bakal kesetrum terus kejang-kejang. Nyatanya? Tidak sama sekali.
Hebat! Serangga ini ternyata sudah berilmu di Banten! *applause for it*

Gue bingung. Sambil terus nyetrum-nyetrumin si tomcat meskipun dia udah kebal, gue nyari-nyari benda apa yang bisa gue pake buat matiin si tomcat tanpa menyentuhnya dengan jari-jari lentik gue ini.
Kemudian, gue mendapatkan botol parfum di ajas meja. Buru-buru gue ambil parfum itu. Tanpa perlu basa-basi, tanpa mengeluarkan sepatah dua patah kata perpisahan, gue langsung nyemprotin parfum ke arah serangga itu berulang-ulang.

VOILA~!!
Dia tewas seketika. Hahahaha gue tertawa puas, namun dibalik tawa itu gue merasa sedih.. Bukan. Bukan karena parfum gue abis buat nyemprotin si tomcat. Tapi gue sedih ngeliat dia sudah terbujur kaku di atas lantai. Betapa jahatnya gue saat itu. Membunuh serangga yang sama sekali ngga menganggu gue. Benar-benar ngga bisa dimaafkan!! Siapa tahu dia lagi kesasar di kamar gue. Ya kan?
Tapi yaudahlah, itu sudah ajalnya.

Masih takut nyentuh, gue ambil jenazah tomcat itu dengan selembar tisu yang udah gue lipet-lipet.
Mau pamer ceritanya. Gue masuk ke kamar nyokap, dan ngasih liat ke nyokap yang juga lagi ngaji saat itu.

"Mah, liat deh. Tomcat!" sambil nyengir polos, kayak anak kecil yang ngga tau apa-apa.

Benerin posisi kacamata. "Emang ini tomcat? Kok kecil banget? Semut ini sih.." bantah nyokap sok tahu. 

"Yeee, tomcat ini mah. Tomcat tuh emang kecil. Ukurannya se-semut item yang gede itu. Liat dong ekornya, kayak kalajengking kan?" gue jelasin secara detil biar perdebatan tersebut dapat selesai dengan cepat.

"Ah, masa sih? Kecil banget.. Di tivi keliatannya gede banget.." bantah nyokap kali ini dengan wajah yang sangat polos. Oke, gue terdiam seketika entah mau jawab apa lagi.

"Itu kan tivi mah.." udah cuma gitu doang jawaban gue, saking shocknya denger bantahan nyokap.

"Terus mau kamu apain itu?" nah, ini dia pertanyaan yang makin membingungkan buat gue. Gue bingung, mau gue apain ini tomcat?? Udah mati, terbujur kaku diatas selembar tisu. Tadinya mau gue simpen di kotak bening, terus gue balurin balsem formalin ke tubuh jenazah tomcat ini, tapi berhubung gue gak punya balsem formalin, adanya balsem buat urut, gue urungkan niat itu.

"Ngga tau mah.." jawab gue singkat.

"Yaudah, buang aja. Mau kamu koleksi emang??" tanya nyokap gue.

Pengen jawab iya, tapi ntar dikira stress gue. Anak macem apaan ini, ngoleksi tomcat? Kurang kerjaan.
Dengan lemas, gue melangkahkan kaki keluar kamar.

"Buang ke got aja.." perintah nyokap.

APA?? Got?! Tega banget! Masa dibuang ke got? Kan bisa dikubur, di depan kan ada taneman, kubur aja di sampingnya.. Pikir gue. Tapi ya sudahlah, perintah nyokap ngga boleh dilanggar, harus diturutin. Dengan berat hati, gue bungkus si tomcat dengan tisu. Gue keluar dari rumah, dan membuang bungkusan tisu yang berisi jenazah tomcat ke got. Rasanya hati ini seperti disayat-sayat pake gergaji mesin begitu melihat jenazah itu hanyut terbawa arus got beserta tisu yang membungkusi tubuhnya nan mungil tersebut.

Sayonara, Tomcat. Semoga kau ditempatkan di sisi Allah SWT. Semoga kau tidur dengan tenang di alam sana. Selamat tinggal...



TAMAT

No comments:

Post a Comment