October 9, 2012

"Go Green" They Say (Sampah)

"Go Green"

Itu yang sering gue denger dan lihat di televisi, atau plang-plang di pinggir jalan.
Banyak iklan-iklan dengan menampilkan para model yang cantik sebagai ikon "go green"nya dan mengajak penonton di rumah untuk mencintai lingkungan.

Awalnya gue pikir "go green" itu maknanya mengajak kita untuk memakai pakaian serba hijau. Ternyata, persepsi gue salah! Dua kata itu mengandung makna, mencintai lingkungan, dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu. Yaitu, membuang sampah pada tempatnya. Bukannya mau ngeremehin atau apa yah. Bukannya mau sombong juga. Gue setiap hari buang sampah pada tempatnya kok, tapi masih aja ngga "hijau" lingkungannya. Ternyata salah kaprah lagi gue. Ajakan itu bukan untuk gue aja, tapi seluruh warga Endonesah! Indonesia! 

Lingkungan ngga akan "hijau" kalau dari warganya sendiri ngga mau melakukan hal yang padahal gampang banget buat dilakuin. Gak mau bohong, yah gue juga terkadang suka buang sampah sembarangan, padahal jarak posisi gue dengan posisi si tong sampah itu gak terlalu jauh, paling 1 meter. Itu karena emang gue males bangun dari duduk gue aja (Jangan dicontoh yah, adik-adik...). Mungkin, setelah gue nulis ini, gue akan memulai semuanya dari awal. Membuang sampah pada tempatnya. TEMPATNYA! Insya Allah~ Kalo gue inget!

Terus, apa kabarnya sanksi-sanksi buat yang membuang sampah sembarangan? Masih berlaku atau ngga?
Mereka yang membuang sampah sembarangan di kali atau sungai atau selokan atau pinggir jalan, apakah mereka diberi denda yang katanya sekitar 2jutaan dan kurungan 2 bulan? Padahal itu yang lebih parah. Itu yang menyebabkan banjir dimana-mana.


Kalau setiap hari ada kurang lebih 10 orang yang buang sampah sembarangan per jamnya. Wah, bui makin sumpek. Bayangin, dibui karena sembarangan buang sampah, satu sel sama tahanan lain yang terjerat masalah yang lebih berat dibanding itu. Haduuuuh Takut? Iya.. Malu? Banget! Ngga mau juga kan, ngerogoh kocek 2jutaan cuma karena buang sampah sembarangan. Mending ditabung, buat nyicil sepeda yang belom lunas.

Yah, itu semua sih tergantung dari kesadaran warganya masing-masing. Kalau masih mau sembarangan buang sampahnya yaa terserah, asal jangan salahkan pemerintah lagi kalau tiap tahun Indonesia dilanda banjir terus-menerus. Tapi, kalau mau melihat lingkungan kita bersih, yuk mulai dari sekarang kita coba melakukan hal yang paling sederhana ini secara pelan-pelan. Saling menegur kalau ada yang masih sembarangan.


Sekian.


Salam, AMATEUR!

No comments:

Post a Comment